Keuntungan Bermain Badminton Saat Puasa, Anda Wajib Tahu!

gambar tersebut menyebutkan tentang keuntungan bermain bulu tangkis saat bulan puasa gambar tersebut menyebutkan tentang keuntungan bermain bulu tangkis saat bulan puasa

Keuntungan Bermain Badminton Saat Puasa, Anda Wajib Tahu!

Ada berbagai keuntungan bermain badminton saat puasa yang bisa dirasakan oleh siapapun, termasuk Anda. Rata-rata, kebiasaan seseorang yang dilakukan untuk mengisi waktu luang sembari menunggu waktu berbuka atau yang biasa disebut ngabuburit ini dengan memainkan olahraga bulu tangkis.

Bukan rahasia lagi jika olahraga paling populer di Indonesia adalah bulu tangkis. Maka dari itu, bermain bulu tangkis dapat dijadikan sebagai salah satu kegiatan ngabuburit sembari menunggu waktu berbuka tiba.

Selain seru, bermain bulu tangkis juga ternyata menyehatkan. Sehingga, kegiatan ngabuburit dengan bermain olahraga badminton ini tidaklah sia-sia. Hanya saja, Anda tidak boleh sembarangan dalam menggunakan equipment ketika bermain badminton. Untuk itu, ketahui pula beberapa peralatan dasar olahraga badminton sebelum memulai permainan.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Selama Bermain Badminton Sembari Berpuasa

Memang, bulu tangkis menjadi salah satu cabang olahraga yang sering dimainkan oleh orang-orang Indonesia. Sebab, olahraga tepok bulu ini aman untuk dijalankan meskipun dalam keadaan berpuasa. Dengan begitu, maka Anda akan merasakan berbagai keuntungan bermain badminton saat puasa.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum bermain badminton di bulan suci Ramadhan. Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ketika bermain olahraga badminton sembari menjalankan ibadah puasa.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah memilih jenis lapangan badminton yang akan digunakan. Apabila Anda atlet profesional, maka bermainlah di lapangan bulu tangkis dengan tinggi net sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh BWF. Hal ini bertujuan untuk melatih skill dan kemampuan dalam bermain.

Apabila Anda dari kalangan orang biasa, maka pilih tempat yang cukup luas untuk dijadikan lapangan. Jangan lupa gunakan net untuk mengetahui batas lapangan masing-masing pemain. Setelah menemukan tempat yang cukup luas untuk dijadikan sebagai lapangan badminton, maka gunakan equipment standar yang cocok untuk pemula.

Hal kedua yang juga wajib Anda perhatikan adalah waktu bermain olahraga badminton. Ketika menjalankan ibadah puasa, waktu yang tepat untuk bermain bulu tangkis adalah sore hari. Sebab, suhu udara di waktu sore hari tidak terlalu panas. Alhasil, Anda tidak terlalu mengeluarkan banyak tenaga ketika bermain.

Hal ketiga yang perlu Anda ketahui adalah memilih jenis permainan. Ya, dalam permainan badminton terdapat dua jenis game yang bisa Anda pilih, yakni single dan dobel. Anda lebih disarankan untuk bermain olahraga badminton dengan sistem dobel karena tidak terlalu menguras banyak tenaga.

Jenis-Jenis Equipment Yang Wajib Digunakan Saat Bermain Badminton

Ngabuburit dengan menjalankan olahraga bulu tangkis ini memang harus menggunakan peralatan standar. Tujuannya agar permainan lebih seru dan melindungi diri dari cedera atau terkilir. Selain itu, Anda juga mendapatkan keuntungan bermain badminton saat puasa Ramadhan.

Ada berbagai macam jenis equipment standar yang wajib digunakan ketika bermain olahraga badminton. Jenis peralatan pertama yang wajib digunakan adalah raket. Ada berbagai merk dan jenis raket bulu tangkis yang bisa digunakan. Anda wajib tahu ciri-ciri raket yang cocok untuk digunakan dalam berolahraga badminton.

Ciri pertama adalah bobot dari raket tersebut. Rata-rata, raket badminton yang diproduksi oleh perusahaan apparel luar Negeri ini memiliki bobot cukup ringan dan sangat pas di genggaman tangan. Dengan menggunakan raket dari apparel luar Negeri, maka Anda dapat bisa melakukan smash hingga diatas 100 km/jam.

Ciri kedua, raket yang digunakan untuk olahraga badminton ini terbuat dari khusus seperti fiber atau carbon. Kedua bahan untuk pembuatan raket badminton ini sangat ringan. Bahkan, bobotnya pun Cuma 120 gram saja. Akan tetapi, pastikan terlebih dahulu budget yang Anda miliki sebelum membeli raket badminton.

Rata-rata, atlet profesional menggunakan raket merk Yonex, Mizuno, Li-Ning, hingga Viktor. Harga raket badminton profesional ini sekitar Rp. 500.000 hingga Rp. 4.000.000. Dengan menggunakan raket profesional, maka dapat meningkatkan pukulan shuttlecock.

Jenis peralatan yang wajib digunakan ketika bermain badminton adalah sepatu. Sepatu bulu tangkis ini tentu berbeda dengan sepatu olahraga lainnya. Dengan menggunakan sepatu badminton khusus, maka Anda akan merasakan keuntungan bermain badminton saat puasa Ramadhan.

Salah satunya adalah merenggangkan otot-otot tubuh. Ada berbagai model sepatu badminton yang bisa Anda gunakan untuk berlatih, mulai dari merk Yonex, Mizuno, Viktor, hingga merk-merk lokal seperti Eagle, Ardiles, dan Spotec. Pastikan Anda membeli sepatu badminton sesuai dengan karakter lapangan yang digunakan dan budget yang dianggarkan.

Harga sepatu badminton merk import ini dibanderol seharga Rp. 950.000 hingga Rp. 4.000.000. Sedangkan, sepatu badminton merk lokal ini dibanderol seharga Rp. 100.000 hingga Rp. 450.000.