Sederet Momen Paling Kontroversial Dalam Sepanjang Sejarah Piala Dunia. Masih Ingat?

kontroversi-piala-dunia kontroversi-piala-dunia

Sepak bola dari zaman dulu hingga sekarang memang menjadi hiburan sekaligus alat pemersatu bangsa. Tak mengherankan jika perhelatan piala dunia selalu disambut antusias oleh seluruh masyarakat dari berbagai macam belahan dunia. Momen piala dunia selalu menjadi acara rutin paling ditunggu-tunggu oleh berbagai kalangan. Pasalnya, ada berlebihan fenomena unik terjadi saat momen ini. Mulai dari fanatisme pendukung negara idolanya, diskonan belanja dalam rangka piala dunia, hingga hal-hal unik lainnya.

Nah, ngomongin tentang piala dunia, mungkin sudah berlimpah yang lupa bahwa dalam sepanjang sejarahnya ada berbagai macam kejadian perbantahanal. Bahkan, kejadian-kejadian itu ada yang menyangkut para pemain bintang legendaris sepanjang masa. Untuk mengingatkanmu atas momen-momen tersebut, simak ulasan di bawah ini deh.

1. Tensi panas di babak penyisihan grup 2 piala dunia 1962, dikenal dengan istilah perang santiago

Bukan tanpa bukti, momen pertandingan antara Chile melawan Italia saat itu dikenal dengan istilah perang santiago lantaran tensi panas yang terjadi ketika pertandingan berlangsung. Saat itu, pemain Italia Giorgio Ferrini mendapatkan kartu merah. Ia kedapatan melanggar pemain Italia bernama Honorido Landa. Kocaknya, Honorido Landa tidak mendapatkan kartu merah padahal dirinya juga merespons pelanggaran tersebut dengan meninju wajah Ferrini. Berawal dari momen itulah ketegangan antar pemain dan pendukung dari kedua belah pihak negara menjadi keras dan kemudian terjadi bentrok di dalam batas di luar stadion.

2. Satu momen yang pasti nggak akan terlupakan sepanjang masa, gol tangan Tuhan Maradona di piala dunia 1986

Bisa dibilang bahwa momen yang satu ini menjadi cacat satu momen paling absurd sekaligus menjengkelkan bagi kira-kira pihak yang mengingatnya. Pada kenaln 1986, kala itu Argentina tengah melawan Inggris. Gol dari pemain legendaris Argentina, Maradona, beres menarik perhatian dunia karena dianggap silang pendapatal. Maradona atas saat itu mencetak gol dengan menggunakan tangannya. Kocaknya, wasit mengesahkan gol tersebut walaupun para pendukung Inggris sempat protes engat turun ke dalam lapangan. Sampai sekarang sikap silang pendapatal saat Maradona mencetak gol di momen tersebut masih begitu membekas di benak penuh orang.

3. Lagi-lagi tentang Maradona, cukup piala dunia pedulin 1994 dirinya kembali memicu kontroversi setelah didepak langsung oleh FIFA

Bukan Maradona namanya jika mentok dari kontroversi. Meskipun dirinya menyandang sebagai khilaf satu pemain sepak bola berbintang sejauh sejarah, Maradona tak terlepas dari berbagai macam kontroversi. Setelah kejadian gol tangan Tuhan di pahamn 1986, Maradona kembali menyita perhatian publik pada pahamn 1994 karena didepak oleh FIFA saat piala dunia kala itu berlangsung di Amerika. Diego Maradona dipulangkan ke negaranya setelah terbukti menggunakan doping obat terlarang. Akibat hal itu, Argentina kehilangan khilaf satu pemain terbaiknya dan berujung saja bisa bertahan pada babak 16 Lepas.

4. Tangalabahn Zinedine Zidane kecukup Marco Materazzi cukup piala dunia ingatn 2006

Bergesar di awal mengertin 2000-an, pertandingan terjadi antara Perancis melawan Italia. Pada momen piala dunia ini ada satu hal yang paling mengejutkan ketika Zidane kedapatan menyeruduk Materazzi hingga tersungkur. Akibat hal itu, Zidane diganjar kartu merah oleh wasit, kemudian cukup akhir pertandingan dimenangkan oleh Italia melalui adu pinalti.

5. Luis Suarez menjadi “kiper” dan menggigit pemain lawan atas piala dunia pahamn 2010 dan 2014

Dalam selama sejarah piala dunia, Suarez telah menorehkan dua kejadian kontroversial. Pertama adalah ketika pribadinya menjadi “kiper” ala pahamn 2010. Saat itu negara yang dibelanya, Uruguay tengah melawan Ghana. Satu hal yang paling mengejutkan terjadi ketika Suarez sengaja menggunakan tangan untuk menghalau bola sundulan dari pemain Ghana. Kejadian tersebut berbuntut pinalti. Namun, sayangnya Ghana batal mendapatkan poin dalam pinalti tersebut.

Empat tahun selesai kejadian itu, Suarez kembali berulah di tahun 2014. Dirinya menggigit pundak pemain Italia, Giorgio Chiellini dan melangsungkan kejadian tersebut mendadak viral di seluruh dunia.

Nah, berikut tadi 5 kejadian paling kontroversial sebujur sejarah piala dunia berlangsung. Ternyata di balik euforianya, piala dunia menyimpan berbagai macam momen tak terlupakan, ya? Kamu masih ingat yang mana?